Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah : ..................................
Kelas : II (Dua)
Semester : I (Satu)
Tema : Diri Sendiri
Subtema : Aku dan Keluargaku
Hari/tanggal : Selasa, 22 Desember 2009
I. Kompetensi Dasar
1) Ilmu Pengetahuan Alam
1.1.Mengenal bagian-bagian utama hewa dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
2) Bahasa Indonesia
1.1.Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek
3) Seni Budaya dan Keterampilan
1.1.Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa
1.2.Menunjukkan sikap apresiasif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa
1.3.Mengekspresikan diri melalui gambar ekspresif
1.4.Mengekspresikan diri melalui tehnik cetak ulang
II. Indikator
1) Ilmu Pengetahuan Alam
1.1.1. Mendaftar jenis-jenis hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar
2) Bahasa Indonesia
1.1.1. Mendengarkan dan memahami isi teks bacaan dan jalannya cerita yang ada teks bacaan
1.1.2. Mendengarkan pembacaan puisi
3) Seni Budaya dan Keterampilan
1.1.1. Mengenal unsur rupa pada karya seni rupa
1.2.1 Menyebutkan nilai-nilai yang terdapat pada suatu karya seni rupa
2.1.1 Membuat karya seni rupa berupa gambar ekspresif
2.1.2 Membuat karya seni melalui cetak tunggal
III. Tujuan
1) Ilmu Pengetahuan Alam
• Siswa mengetahui jenis-jenis hewan dan tmbuhan di sekitar rumah dan sekolah
2) Bahasa Indonesia
• Siswa mampu menyimak isi teks yang dibacakan oleh guru
• Siswa mampu memahami isi sebuah puisi yang diperdengarkan
3) Seni Budaya dan Keterampilan
• Siswa mengenal unsur-unsur pada karya seni rupa
• Siswa mampu menyebutkan nilai-nilai yang terkandung pada sebuah karya seni rupa
• Siswa mampu membuat gambar ekspresif
• Siswa mampu membuat karya seni melalui cetak tunggal
IV. Materi Pokok
1) Ilmu Pengetahuan Alam
• Bagian-bagian utama hewan
• Bagian-bagian utama tumbuhan
• Jenis-jenis hewan
• Jenis-jenis tumbuhan
2) Bahsa Indonesia
• Bacaan/teks pendek
• Gambar
3) Seni Budaya dan Keterampilan
• Unsur-unsur karya seni rupa
• Nilai yang terkandung pada sebuah seni rupa
• Gambar ekspresif
• Karya seni cetak tunggal
V. Alat/Sumber Buku
1) Ilmu Pengetahuan Alam
• Gambar hewan dan tumbuhan
• Gambar lain yang relevan
• Buku paket IPA kela 2A
• Lingkungan
• Teman
2) Bahasa Indonesia
• Gambar-gambar yang relevan
• Bacaan (Hasil Pengembangan Ajar Oleh guru)
3) Seni Budaya dan Keterampilan
• Buku yang relevan
• Hasil karya seni rupa
• Alat-alat yang berkaitan dengan karya cetak tunggal, seperti: Pewarna, Pelepah pisang dll.
• Lingkungan
VI. Metode
• TGT
• Examples non Example
• Picture and picture
VII. Kegiatan Pembelajaran
A. Kegiatan awal (10 Menit)
o Memulai pelajaran dengan berdoa
Mengajak semua siswa berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing untuk memulai pelajaran
o Apersepsi
Bertanya jawab tentang tentang hobi atau kegemaran
Bertanya tentang tentang hobi memelihara hewan piaraan
Bertanya jawab tentang berbagai jenis hewan yang ada di lingkungan rumah dan sekolah
Betanya jawab tentang tumbuhan apa saja yang ada di lingkungan rumah dan sekolah
Bertanya jawab apakah siswa mempunyai hewan piaraan atau tumbuhan dihalaman rumahnya?
Bertanya jawab bagaimana merawat tumbuhan
o Motivasi
Memberikan kesimpulan dari tanya jawab tersebut dan mengaitkannya dengan materi yang akan di sampaikan
Menyampaikan kepada siswa tentang indikator yang ingin dicapai dan manfaat memahami materi
o Pembentukan kelompok (siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dalam satu kelas dengan jumlah kelompok sebanyak 5 orang/kelompok)
B. Kegiatan inti (140 menit)
a. Guru membacakan sebuah teks pendek yang menceritakan tentang kegemaran “Dino memelihara kucing” dan kegemaran “Sinta Menanam berbagai jenis bunga di halaman rumahnya”.
b. Siswa mendengarkan dan berusaha memahami teks pendek yang dibacakan oleh guru
c. Siswa mencatat mencatat hal penting yang ada dalam teks tersebut
d. Siswa mendiskusikan dengan anggota kelompoknya tentang isi bacaan yang didengar
e. Setelah 5 menit guru menghentikan kegiatan diskusi
f. Guru menjelaskan kepada siswa twentang apa yang akan dilakukan selanjutnya
Apa yang akan dilakukan siswa terhadap tumpukan kartu yang dibawa guru?
Bagaimana kegiatan pembelajaran selanjutnya akan dilaksanakan?
Bagaimana akhir dari kegiatan tersebut?
g. Untuk menentukan kelompok mana yang mendapat undian pertama, guru melakukan permainan menyusun gambar yang ditempel di papan tulis
h. Kelompok mana yang paling cepat selesai dan mampu menceritakan secara urut gambar-gambar tersebut mendapat giliran pertama sedangkan urutan berikutnya ditentukan dengan undian kertas
i. Siswa yang mendapat kesempatan untuk mengambil kartu, harus menjawab pertanyaan yang ada dalam kartu tersebu, jika bisa menjawab benar kelompok mendapat skor, jika tidak dilemparkan pada kelompok lain
j. Penghitungan skor dan penobatan gelar super group terhadap group yang mendapatkan skor tertinggi
k. Guru menyimpulkan kegiatan yang telah dilakukan dan menyimpulkan isi materi yang telah dijadikan bahan tournamen
l. Guru memberi kebebasan siswa untuk menggambar ekspresif tentang benda-benda kesayangannya, hewan, tumbuhan atau menggambar tentang hobinya contohnya menggambar orang bermain bola karena hobinya bernmain bola dsb.
C. Kegiatan penutup (10 Menit)
a. Menempel hasil gambar ekspresif siswa dengan rapi di tembok belakang dan meletakkan tugas fortofolia yang telah dibuat siswa pada kotak fortofolio siswa
b. Mengajak siswa untuk bersama-sama bernyanyi lagu anak-anak yang berjudul “Helly”
c. Mengakhiri dengan mengajak siswa untuk berdoa sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing.
VIII. Penilaian
a) Teknik : Tugas Individu
Bentuk Instrumen : - Penilaian lisan,
- Penilaian sikap (pengamatan perilaku)
- penilaian unjuk kerja (keberanian anak bercarita)
- Penilaian Portofolio
b) Teknik : Tugas Kelompok
Bentuk Instrumen : - Penilaian unjuk kerja (keberanian kelompok dalam
mengungkapkan pendapat)
- Penilaian unjuk kerja
- Pengamatan keaktifan siswa dalam kelompok
- Pengamatan bagaimana siswa bekerja dalam kelompok
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Pkn
................ ..............................
Kamis, 31 Desember 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar