Jumat, 25 Desember 2009

Mata Kuliah IPA SD

PEMBELAJARAN NPROSES SAINS TERPADU


1. Apa yang disebut pembelajaran Terpadu?
Model pembelajaran terpadu merupakan salah satu model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individual maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistik dan otentik.

2. Apa yang dimaksud sains terpadu?
Suatu model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik baik secara individu maupun kelompok aktif mencari, menggali, dan menemukan konsep serta prinsip secara holistic, dan otentik-peserta didik memperoleh pengalaman langsung-menambah kekuatan untuk mencari, menyimpan, dan menerapkan konsep yang telah dipelajarinya.

3. Bagaimana Tahapan-tahapan Proses pembelajaran terpadu?
Diperkenalkan di kelas 1-4

Predicting. Menggunakan pengamatan sebelumnya untuk membuat tebakan tentang peristiwa atau kondisi yang akan datang.
• Infering. Kesimpulan sementara atau menjelaskan percobaan untuk satu rangkaian observasi.

Diperkenalkan di kels 5 dan 6

• Controlling Variables. Mengidentifikasi perlengkapan yang bervariasi dalam sebuah sistem dan memegang semua tetapi satu konstan.
• Defining operationally. Menetapkan batas-batas tertentu untuk suatu makna dari istilah untuk tujuan yang berhubungan dengan situasi tertentu.
• Eksperimen. Menerapkan proses sains, jika diperlukan, merancang dan melaksanakan serta menafsirkan uji pertanyaan atau hipotesis.


4. Bagaimanakah proses Predicting pada pembelajaran terpadu?
• Predicting. Menggunakan pengamatan sebelumnya untuk membuat tebakan tentang peristiwa atau kondisi yang akan datang-digunakan sebagai alat motivasi

5. Bagaimana Proses Prediksi berlangsung?

• Siswa didorong untuk mempertimbangkan apa yang mereka sudah tahu ketika membuat prediksi
• Meminta siswa untuk memprediksi apa yang akan terjadi akan menumbuhkan pemikiran reflektif dan menciptakan minat pada hasil manipulasi.
• Membuat prediksi memerlukan konstruksi mental oleh murid.

6. Bagaimana pengelompkkan proses Predicting?
Proses prediksi terdiri 2
• memprediksi hasil yang mungkin, mungkin didasarkan pada pengetahuan sebelumnya dan pengamatan saat ini-mitivasi
• meramalkan data yang terorganisir seperti tabel dan grafik. Fungsi utama dari prediksi awal adalah motivasi.
- Memprediksi dengan grafik adalah salah satu proses yang paling kuat yang
tersedia bagi anak-anak sekolah dasar.
- Anak-anak harus belajar untuk membuat dan menafsirkan grafik dengan cara-cara
yang sesuai dengan tingkat perkembangannya.
- Grafik sebagai sarana penghubung pemahaman siswa


7. Apa yang disebut den gan proses infering?
Infering. Kesimpulan sementara atau menjelaskan percobaan untuk satu rangkaian observasi.
8. Apa fungsi proses Infering/ kegiatan membuat kesiumpulan?
• membantu memperjelas apa yang dikenal sebagai sebuah fakta (observasi)
• mengetahui apa yang masih perlu diverifikasi.
• diselidiki selanjutnya untuk belajar lebih banyak tentang suatu situasi.

Contoh kegiatan:
Mengamati sebuah jejak kaki yang bersambung
Misalnya jejak pertama terlihat lebih dalam
Kesimpulannya nak-anak cenderung melompat

9. Dalam pelaksanaan tahapan-tahapan tersebvut adalah sebuah tahapan yang berkesinambungan, dan setiap tahapan akan selalu dilakukan berulang-ulang!Mengapa hal demikian perlu dilakukan?
Hal tersebut dilakukan karena beberapa lasan yaitu:
• mencocokan kemampuan perkembangan mental anak.
Sesuai dengan teori Piaget yaitu ada hubungan antara rata-rata usia anak dimana kemampuan kognitif tertentu diperoleh dan tingkatan kelas di mana proses-proses tertentu mungkin paling efektif diperkenalkan.
contohnya: sebagian besar anak-anak SD tidak mengerti konservasi panjang, luas, berat, atau volume – (empat elemen yang paling sering dikaitkan dengan proses pengukuran). pengukuran harus diperkenalkan pada tahap awal.
• Apabila guru menunggu untuk memperkenalkan suatu topik sampai pelajar benar-benar siap untuk menghadapinya sains di sekolah dasar akan sangat terbatas.
Sesuai dengan teori bruner dan Vygotsky.
- Bruner, dalam teorinya yang disebut kurikulum spiral, memperkenalkan topic
pada tingkatan yang lebih canggih (tinggi) akan mendewasakan mental anak.


10. Apa yang dimaksud Controlling Variables?
Controlling Variables. (diagnosis). Mengidentifikasi perlengkapan yang bervariasi dalam sebuah sistem dan memegang semua tetapi satu konstan.
Contoh Kegiatan mengontrol variable
Pernyataan : Berbagai merek baterai mengiklankan bahwa baterainya dapat bertahan lebih lama daripada baterai dengan merek yang lagi bersaing.
a. Melakukan percobaan
o menyusun tes untuk membandingkan kekuatan dari ketiga baterai tersebut.
o mengatur tiga rangkaian, masing-masing dengan merk yang berbeda dari baterai.

b. Memprediksi variable-variabel yang berkaitan dengan percobaan dengan pengamatan serta mendaftar variable-variabel yang mungkin mempengaruhi pernyataan tersebut
• Merk baterai
• Jenis dan ukuran kawat
• Jenis dan ukuran bola lampu
• Jenis dan ukuran konektor
• Lokasi sirkuit disimpan di dalam kelas
• Waktu pemutusan di sore hari
• Waktu reconnecting di pagi hari

c. Mengambil kesimpulan dari hasil pengamatan
Apakah semua variable tersebut bersifat konstan/tetap? Tidak karena merk bateri bersifat relative dalam artian dalam percobaan tersebut merk bateri tidak dipertimbangkan karena berbeda-beda
d. Mengidentifikasi hasil kesimpulan
Memberikan diagnosa atau menentukan hasil percobaan. Variabel yang terdaftar dalam kasus variable manipulasi. Semua variable yang tbersifat konstan disebut variable pengontrol. Waktu dari bateri adalah variable responding-menentukan hasil percobaan.

11. Apa yang disebut Defining operationally?
Defining operationally. (“dapat diobservasi”. )Menetapkan batas-batas tertentu untuk suatu makna dari istilah untuk tujuan yang berhubungan dengan situasi tertentu. – suatu def
12. Apa yang disebut Eksperimen?
Eksperiment adalah Menerapkan proses sains, jika diperlukan, merancang dan
melaksanakan serta menafsirkan uji pertanyaan atau hipotesis.
Proses ekperimen termasuk:
1. Menyatakan pertanyaan (kadang-kadang disebut "masalah")
2. Merumuskan hipotesis (opsional)
3. Mengidentifikasi variabel (menggunakan definisi operasional yang diperlukan)
4. Merancang pertanyaan ujian atau hipotesis (menggunakan definisi operasional
yang diperlukan)
5. Menyiapkan pengujian dan mengumpulkan data
6. Pengorganisasian dan menafsirkan data (tabel dan grafik)
7. Menyatakan suatu kesimpulan dalam bentuk pertanyaan atau hipotesis
8. Menulis laporan percobaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar