Kamis, 31 Desember 2009

Contoh RPP investigasi Kelompok

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SD N Rejodadi
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/I
Pertemuan ke : 15 sd 17
Alokasi waktu : 6 x 35 menit (3 Pertemuan)
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan sesama
makhluk hidup dan anatara makhluk hidup
dan lingkungan
Kompetensi Dasar : 5.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan
khas (simbiosis) dan hubungan ”makan dan
dimakan” antar makhluk hidup
(rantai makanan)

5.2 Mendeskripsikan hubungan antara makhluk
hidup dan lingkungan
Indikator : 5.1.1 Mengidentifikasi beberapa jenis hubungan
khas simbiosis antara lain:
a. Mutualisme
b. Komensalisme
c. Parasitisme
5.2.1 Mendeskripsikan bentuk-bentuk saling
ketergantungan antara hewan dan tumbuhan
5.2.2 Mendeskripsikan hubungan makan dan dimakan (rantai makanan) dan jaring-jaring makanan
5.2.3 Mengidentifikasi jaring-jaring kehidupan
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengidentifikasi beberapa jenis hubungan khas (simbiosis) : mutualisme, komensalisme, parasitisme
2. Siswa dapat mendeskripsikan bentuk-bentuk saling ketergtantungan antara hewan, tumbuhan, dan lingkungan
3. Siswa dapat mendeskripsikan hubungan makan dan dimakan (rantai makanan)
4. Siswa dapat mengidentifikasi jaring-jaring kehidupan
II. Materi Pokok
- Jenis hubungan khas makhluk hidup
- Bentuk-bentuk saling ketergantungan antar makhluk hidup dan lingkungan
- Jaring-jaring makanan
III. Metode Pembelajaran
- Metode Investigasi Kelompok
- Metode STAD
- Metode Tanya Jawab

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan I

A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Apersepsi : guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan menagawali kegiatan pembelajaran dengan tanya jawab seputar materi yang akan dibahas
” yang namanya mkhluk hidup apa saja?”
”Apakah tikus juga makhluk hidup?”
”Tikus ituy suka makan apa?”
- Motivasi : Guru menjelaskan tentang indikator yang diharapkan tercapai dalam kegiatan pembelajaran, dalam hal ini guru menjelaskan hal-hal penting berkaitan dengan materi pembelajaran untuk memotivasi siswa
- Pengorganisasian siswa secara kelompok, siswa dikelompokkan sejumlah 4 orang atau 5 orang perkelompok
- Tanya jawab tentang hubungan khas makhluk hidup dan lingkungan
B. Kegiatan Inti (50 menit)
- Siswa mengamati berbagai jenis hubungan khas antar makhluk hidup
- Siswa mengidentifikasi hubungan antara mahkluk hidup (simbiosis)
- Guru membagikan sebuah gambar tentang hubungan khas mahkluk hidup kepada setiap kelompok
- Siswa ditugaskan untuk menggunting gambar-gambar tersebut kemudian menempelkan gambar-gambar tesbut pada kertas yang lain yang telah dikelompokkan hubungan khas mahkluk hidup yaitu:
a. Simbiosis Mutualisme
b. Simbiosis Komensalisme
c. Simbiosis parasitisme
- Siswa menempel gambar-gambar tersebut pada kertas yang telah disediakan, misalnya:
“gambar burung gagak dan kerbau” ditempel pada pengelompokan simbiosis mutualisme
- Siswa mencatat hasi diskusi dan pengamatan mereka dalam bentuk laporan kelompok sederhana yang terdiri dari panduan laporan sebagai beriku:
a. Materi
b. Hasil pengamatan
c. Hasil diskusi
d. Pembahasan
e. Hasil kerja menempel gambar
- Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
- Tanya jawab tentang materi yang telah dibahas
- Guru menyimpulkan hasil pembelajaran

Pertemuan II

A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Apersepsi Tanya jawab setiap individu untuk mengetahui ketercapaian individu dalam memahami materi yang telah dibahas
B. Kegiatan Inti (50 menit)
- Siswa dibentuk kelompok oleh guru secara acak, agar siswa mampu lebih mengenal teman satu dengan yang lainnya dan tidak hanya satu kelompok permainannya saja
- Diskusi tentang bentuk-bentuk saling ketergantungan antara hewan dan tumbuhan
- Mengamati bentuk-bentuk ketergantungan antara hewan, tumbuhan, dan lingkungan
- Guru membagikan gambar-gambar jaring makanan pada setiap kelompok
- Siswa ditugaskan untuk mengamati dan mengidentifikasi jaring-jaring makanan tersebut
- Siswa mencatat ada berapa jenis bentuk rantai makanan di dalam jaring-jaring makanan
- Siswa mencatat rantai-rantai makanan yang ditemukan
- Siswa menggunting gambar-gambar tesebut dan menepelkannya pada kertas kosong yang tersedia, tempelan gambar diubah menjadi beberapa rantai makanan yang terpisah
- Siswa mencatat hasil dan membuat laporan
- Siswa mempresentasikan hasil
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
- Guru melakukan tanya jawab yang ditujukan bagi kelompok
- Guru mengevaluasi hasil diskusi siswa dan memberikan sebuah kesimpulan

Pertemuan III

A. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Menyiapkan alat peraga
- Pembagian kelompok
B. Kegiatan Inti (50 menit)
- Siswa mengamati perubahan yang terjadi pada lingkungan melalui alat peraga yang berupa gambar-gambar tentang:
a. Hutan hijau dan hutan gundul
b. Tanah longsor dan banjir
c. Kebakaran hutan
- Siswa mengidentifikasi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi pada lingkungan dan penyebab kejadian yang terjadi pada lingkungan
- Diskusi kelas untuk membuat kesimpulan
C. Kegiatan Penutup (10 menit)
- Membuat kesimpulan
- Evaluasi tertulis, siswa mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi mahkluk hidup dan lingkungan
V. Alat dan Sumber
Alat:
- gambar simbiosis
- kertas karton kosong
- gambar hubungan makan dan dimakan
- Gambar tentang lingkungan dan kerusakan lingkungan
- Gunting
- Double tip/lem
- Spidol warna merah
Sumber:
- Buku Dunia IPA Kelas 4 Penerbit PT Yudhistira Ghalia Indonesia, halaman: 96-107
- Buku yang mendukung
- Artikel Internet
VI. Penilaian
 Test
- Test Tertulis
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1. Apa yang kamu ketahui tentang simbiosis? Sebut dan jelaskan!
2. Berikan contoh simbiosi!
3. Berikan contoh rantai makanan dan jelaskan hubungan yang terjadi!
4. Apa yang disebut lingkungan dan apa penyebab keruskan lingkungan?
5. Bagaimana cara menanggulangi banjir?
- Test lisan : pertanyaan yang dilontarkan ketika
kegiatan apersepsi ataupun ketika proses
pembelajaran berlangsung!
 Psikomotorik dan sikap
1. Pertemuan I : Penugasan
Mengidentifikasi hubungan khas makhluk hidup
2. Pertemuan II : Diskusi
Mengidentifikasi hubungan saling ketergantungan makhluk hidup


3. Pertemuan III : Penugasan
Mengamati dan mengidentifikasi penyebab kerusakan lingkungan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar